Dari Telkom University ke Göttingen

Halo!!!

Saya Dinda, dari CS-38-01. Pada tanggal 12 April lalu, saya melihat postingan Kemahasiswaan FIF di FB official Ilmu Komputasi Telkom University tentang Summer School di Jerman. Mengetahui negaranya saja saya sudah tertarik, dimana Jerman merupakan negara yang sudah lama saya incar untuk menjejakkan kedua kaki saya di atas tanahnya. Ditambah lagi, postingan Kemahasiswaan FIF dengan caption, “Ingin jalan-jalan ke Jerman GRATIS ? Dapat kuliah gratis 1 minggu ?” Wahh, saya semakin tertarik! Yaa, siapa sih yaa yang gak tertarik dengan kata-kata gratis, apalagi konteksnya untuk ke luar negeri. Gak mungkin ada yang nolak dong, iya gak?? Hehe

Bulan April adalah bulan yang penuh dengan ke-hectic-an dunia perkampusan. Organisasi, tugas, ujian, dan serba-serbi lainnya ada di bulan April. Namun, saya menyempatkan diri untuk mendaftar Logic and Computation Summer School 2016 atau disingkat LoCo Summer School 2016 pada tanggal 25 April, yang mana adalah H-5 penutupan registrasi (kebiasaan deadliner hehe).

Tidak banyak yang diminta dalam pendaftarannya. Mereka hanya meminta CV, Transkrip nilai, dan mengisi form online yang mereka sediakan. Setelah melakukan registrasi, saya kembali ke rutinitas seperti biasa. Berhari-hari berlalu, saya tidak mengharap banyak akan Summer School tersebut. “Yah, coba-coba saja dulu. Dapet alhamdulillah, kalau gak juga ya berarti belum rezeki. Toh gak ada salahnya juga kan nyobain,” pikir saya saat itu.

Tengah malam pada tanggal 24 Mei, saya sangat ingat bahwa hari itu adalah awal-awal masuk geladi yang kegiatannya belum benar-benar dimulai. Masa-masa dimana kemungkinan saya untuk mengecek email sangat kecil. Tapi entah kenapa, malam itu saya berasa ingin mengecek email, dan ternyata ada email dari Georg-August-Universität Göttingen yang menyatakan bahwa saya terpilih menjadi salah satu dari 35 peserta yang mendaftar dari negara-negara lainnya untuk mengikuti LoCo Summer School 2016. Dan, yang mengejutkannya lagi, saya terpilih menjadi peserta yang mendapatkan financial support! Wow. Sangat tidak menyangka sampai-sampai saya bertanya pada diri saya sendiri, “Ini beneran?” sampai berkali-kali hehe.

Kemudian, saya menghubungi Pak Putu Harry Gunawan yang saya tahu memiliki pengalaman tentang hal-hal terkait, untuk menanyakan kebenaran email tersebut. Ternyata memang benar, lalu segera saya mengurus dokumen-dokumen yang dibutuhkan dengan bantuan Pak Said Al Faraby dan Pak Adiwijaya. Akhirnya, saya berangkat pada tanggal 23 Juli 2016.

Dari Indonesia, saya berangkat berdua dengan salah satu mahasiswa S2 ITB, kak Ashri. Berangkat dari Bandara Internasional Soekarno-Hatta, dan sampai di Frankfurt. Hari itu, dengan bantuan teman saya dan bertanya pada bagian informasi dan orang lokal, saya menemukan halte dan menggunakan bus yang sebelumnya sudah dipesan.

Di perjalanan menuju Gö, saya menghubungi salah satu anak PPI Göttingen. Sesampainya di Gö, saya disambut oleh 3 orang Indonesia yang sedang menempuh studi di sana. Dari mereka, saya belajar tentang budaya-budaya Jerman yang memang harus saya ketahui selama tinggal di sana. Tentang bagaimana saya menggunakan bus, berjalan di trotoar, menyebrang, holding door for others, dan what do’s and don’ts lainnya.

Hari pertama Summer School, seperti biasanya, masih tentang pengenalan materi. Ada empat fokus materi yang dibahas, yaitu: From Hilbert to Gentzen and beyond, Proof mining, Lambda-Calculus, dan Computational contents of proof. Selama summer school berlangsung, semua partisipan mengikuti seluruh kelas sebagai pengetahuan. Namun, untuk project, setiap orang memilih salah satu dari 4 topik yang ditawarkan tersebut.

1

Saya mengambil kelas Lambda-Calculus. Tidak heran kenapa dari awal mereka mencari mahasiswa yang berlatar belakang matematika, computer science, dan filosofi. Karena di kelas ini, dibutuhkan kemampuan logika matematika untuk mengoperasikan fungsi-fungsinya. Dan ternyata, saya baru tahu bahwa Lambda-Calculus merupakan suatu sistem logika sebagai dasar pembuatannya bahasa-bahasa pemrograman yang sekarang sering kita gunakan.

2

Di hari ketiga, kegiatan kelas project digantikan oleh acara hiking dan BBQ. Dari kampus, kami menyusuri kota, melalui taman-taman, dan salah satu tamannya terdapat pemakaman orang-orang hebat di masa lalu, salah satunya adalah Gauss.

3

 

Puncak hiking merupakan suatu hutan kota, yang di dalamnya terdapat istana bernama Bismarckturm.

4

Setelah mencapai puncak, kami turun kembali ke kampus yang berada di tengah kota, kemudian melakukan BBQ.

Hari terakhir merupakan hari presentasi project. Saya satu kelompok dengan kak Ashri dan Merve, peserta yang berasal dari Turki. Berikut merupakan salah satu contoh dari lambda-expression yang dipresentasikan oleh kelompok kami:

5

Sedikit penjelasan, menurut saya, Lambda-term sebenarnya tidak jauh berbeda dengan fungsi-fungsi yang kita kenal di matematika biasanya seperti f(x), dan lain sebagainya. Hanya saja, representasi dan pengolahannya sedikit berbeda. Simbol pangkat yang ada pada sistem lambda menunjukan tipe lambda. Variabel lambda ada yang bertipe, ada juga yang tidak. Contoh di atas merupakan contoh dari lambda-term bertipe, yang kemudian dioperasikan sedemikian rupa menjadikannya dalam bentuk lebih sederhana. Menarik, kan?? Kalau mau mempelajari lebih lanjut, untuk referensi, bisa dilihat pada buku Lambda-Calculus and Combinators an Introduction karya J. Roger Hindley dan Jonathan P. Seldin.

Setelah presentasi project selesai, kami mendapatkan sertifikat kelulusan partisipasi dan kemudian dipersilahkan untuk kembali ke negara masing-masing.

Saya senang sekali, karena banyak hal yang saya dapatkan selama di sana. Selain mendapatkan pengetahuan, saya juga mendapatkan pengalaman-pengalaman berharga, juga mendapatkan rekan dan relasi baru. Saya harap, Telkom University dan Fakultas Informatika kedepannya semakin membuka kesempatan-kesempatan yang serupa, demi menambahkan wawasan Internasional kepada mahasiswa/i Telkom University.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

personers.biz | 521: Web server is down

Error 521 Ray ID: 4216d51cb117aa92 • 2018-05-27 07:40:16 UTC

Web server is down

You

Browser

Working
Singapore

Cloudflare

Working
personers.biz

Host

Error

What happened?

The web server is not returning a connection. As a result, the web page is not displaying.

What can I do?

If you are a visitor of this website:

Please try again in a few minutes.

If you are the owner of this website:

Contact your hosting provider letting them know your web server is not responding. Additional troubleshooting information.